Sabtu, 22 Agustus 2009

SEMINAR SEHARGA DUA SETENGAH JUTA


15 Mei 2009, gw ditawarin ikut seminar seharga 2,5 juta dari temen gw Sinato. Melihat harganya otomatis gw jadi penasaran dan pengen banget ikut seminar itu (maklum ga pernah datang seminar yang mahalnya sebegitu..haha..). Eh… sayangnya seminar itu diselenggarakan pada tanggal 29 s/d 31 Mei 2009, yang kebetulan tanggal 29 Mei itu adalah hari Jum’at, yaitu hari terakhir gw masuk kerja dalam seminggu. Wah kalau gw bener-bener pingin mewujudkan niat gw, maka mau ga mau gw harus tidak masuk kerja pada hari itu dan ada 3 alternatif yang bisa dan harus gw lakuin tentunya. Alternatif pertama adalah gw harus bolos kerja, kedua gw harus izin dan tidak mengatakan alasan dan tujuan yang sebenarnya, dan alternatif terakhir adalah meminta izin dengan mengatakan yang sejujurnya (yang otomatis peluang kemungkinannya adalah ditolak. Hahaha…). Wah kalau begini bisa-bisa ga jadi ikut seminar seharga 2,5 juta neh. Awalnya gw emang males banget untuk minta izin ga masuk kerja Cuma buat ikut seminar doang. Tapi melihat price-nya and kesempatan yang belum tentu datang 2 kali, bikin gw memberanikan diri minta izin sama bos gw untuk ga masuk kerja. Sebenernya lagi neh, 3 alternatif cara yang harus gw ambil itu udah ada di otak gw. Tapi sekali lagi, gw yang ga pernah minta izin untuk urusan yang begituan, jadi ngerasa enggan buat ngelakuinnya (kalo ga ngerti ngelakuin maksudnya melakukannya haha..). Secara gw ga suka izin kerja buat urusan pribadi he..he…. Tapi saat itu gw bener-bener nekad, walaupun jujur gw ngerasa takut, nervous, and gelisah saat nunggu-nunggu kesempatan buat ngomong ma bos gw. Padahal seminar itu masih 2 minggu lagi, tapi gw pikir gw harus minta izin sekarang, karena pada dasarnya gw enggan dipenuhi pikiran yang gelisah setiap harinya hanya karena ingin mengatakan sesuatu yang pada akhirnya harus gw katakan juga (he..he.. kan goblok itu namanya hahaha…).
So, saat itu keputusan untuk tidak masuk kerja selama 1 hari sudah dibulatkan, tapi sekali lagi cara apa yang harus gw ambil??? Kalau bolos, gw rasa itu adalah alternatif dan cara tergila yang pernah gw pilih. Karena jujur aja.. gw ini termasuk orang yang ga enakkan kalau bolos. Jangankan bolos kerja, bolos sekolah aja langka banget (he..he.. gw kan masih lugu.. we..hwek.. mo muntah rasanya ngedengernya ya!! Haha.. makanya gw agak-agak kuper..hahaha). Cara yang memungkinkan gw ambil adalah alternatif kedua dan ketiga. Minta izin dengan mengatakan yang tidak sebenarnya, alih-alih kemungkinan besar disetujui sudah di depan mata, yaitu dengan alasan urusan keluarga kek, sakit kek, dan lain sebagainya (wah hebat bener pikiran picik gw, he..he.. bisa ngarang ampe yang ngga-ngga segala ha..ha..). Kemudian pilihan atau alternatif ketiga yaitu dengan mengatakan alasan yang sebenarnya, dan gw tau pasti bos gw ga akan kasih izin untuk ga masuk dengan alasan yang beginian. Sudah tentu temen-temen gw pun tahu hasil yang mungkin gw terima kalau gw pake alternatif yang terakhir tersebut. Makanya, rata-rata dari mereka nyaranin gw buat ngelakuin cara yang kedua yaitu minta izin dengan alasan keluarga dan sebagainye… Gw yang ga pernah ngelakuin itu sama bos gw (ha..ha.. innocent ;P masa seh.. yang bener loooo..) otomatis ngerasa takut dan ga enakkan, apalagi kalo gw disuruh bohong, wah keringet dingin gw udah ngucur duluan tuh. Ha..ha… untungnya ada 1 orang temen gw yang meyakinkan gw kalau ada kemungkinan gw bakal diizinkan bos gw dengan mengatakan alasan yang sebenarnya. Alasan yang dikatakan temen gw yang satu ini nampaknya cukup masuk akal juga dan menambah keyakinan serta keberanian gw buat ngomong sama bos gw. Akhirnya dengan segala konsekuensi yang ada, gw menemui bos gw dan menyatakan maksud dan tujuan gw, tentunya dengan mengatakan alasan dan tujuan sebenarnya.
Benar saja apa yang gw prediksikan akhirnya terjadi. Walaupun sudah berkata jujur, tetap saja izin untuk tidak masuk kerja dengan alasan ikut seminar guna pengembangan karakter diri tidak berhasil. Awalnya bos gw dengan telak menolak permintaan izin gw, karena selain alasannya kurang penting, ternyata pada hari yang sama ada salah satu guru yang juga izin untuk tidak masuk. Setelah berkata beberapa kata, ternyata bos gw juga cukup bijaksana dalam hal ini, dan gw paham benar posisi dia sebagai seorang bos. Kalau saja gw saat ini diizinkan untuk ga masuk kerja dengan alasan pergi seminar atau alasan-alasan lain yang katakanlah tidak terlalu emergency, tentunya nanti akan ada banyak lagi pekerja-pekerja lainnya, yang juga meminta izin dengan alasan yang sama. And jika bos gw seandainya menyetujui izin gw, maka dia pun takkan pernah bisa berkata tidak kepada mereka-mereka yang juga meminta izin di masa yang akan datang. Karena toh bos gw akan dianggap tak adil dalam hal ini. Trus… kenapa kok gw bilang bos gw ini cukup bijaksana? Kan dia juga nolak permintaan gw! Eh… tunggu dulu, sebenernya dia ga nolak permintaan izin gw mentah-mentah kok. Awalnya gw pikir putuslah sudah harapan gw buat ikut seminar seharga 2 setengah juta ntuh, namun setelah bos gw mengajukan beberapa pertanyaan dan pernyataan, ternyata kejujuran gw ga sia-sia. Pada dasarnya dia setuju kalau gw ikut dan hadir dalam seminar itu, hanya saja dia ga bisa memberikan izin secara formal, yang tentunya ada konsekuensi yang harus gw terima kalau gw ga masuk pada hari itu (potong gaji – potong gaji dah… hahaha… nasib..nasib.. hehehe..). sebagai seorang bos dia pun benar-benar memperhatikan kesejahteraan dan kepentingan para karyawannya. Sampai akhirnya keputusan yang dia berikan kepada gw adalah dia tidak bisa melarang gw untuk tidak pergi dan juga tidak dapat memberikan izin untuk tidak masuk kerja. Hmmm.. namun, pada dasarnya dia menyetujui keputusan gw untuk hadir dalam seminar itu (baik kan bos gw!!! Hore.. ikut seminar.. ikut seminar.. gratisan .. hahaha…) walaupun kemungkinan ada potongan gaji dan lain sebagainya, gw tetap saja menghormati keputusan bos gw. Terlebih lagi gw berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang dia berikan buat gw. Seketika gw jadi tambah bersemangat dalam berkerja, dan yang terpenting gw sudah lega karena telah mengatakan serta mengungkapkan maksud dan tujuan gw dengan sejujur-jujurnya. Thx Bos!
Selfy Parkit’09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar